Aksi Nyata Math Is Fun

Aksi Nyata Math Is Fun

CPG Angkatan 2 SMPN 3 Baleendah

Ilis Jamilah (ilisjamilah07@gmail.com

 A. Latar Belakang 

Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru. Menurut Nadiem, kini tugas guru penggerak ialah sebagai pendorong transformasi pendidikan Indonesia. Sebab dari mereka diharapkan lahir pemimpin-pemimpin pendidikan masa depan. Harapannya, guru penggerak dapat mendukung tumbuh kembang murid secara holistik sehingga menjadi Pelajar Pancasila. 

Sebagai seorang guru penggerak saya harus membuat kegiatan yang berbeda dan mandiri dalam meningkatkan pembelajaran, sebagai pemimpin pembelajaran saya harus bisa aktif dalam segala kegiatan yang bersifat meningkatkan keprofesionalan sebagai seorang guru, berkolaborasi dengan semua elemen yang ada di sekolah untuk meningkatkan atau membimbing peserta agar lebih baik dan mandiri, membuat inovasi-inovasi pembelajaran, menjadi pembimbing dan pelatih rekan kerja, selalu melakukan refleksi di setiap akhir pembelajaran atau kegiatan supaya bisa menganalisa dan mengevaluasi setiap kegiatan dan bisa mempertanggungjawabkannya dengan baik, dan yang paling penting adalah membimbing dan menuntun peserta didik menjadi seorang pemimpin yang mandiri, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, bertanggung jawab, kritis, kreatif, suka bergotong royong dan juga saling menghargai dan menghormati dalam  kebhinekaan.

Di dalam kegiatan-kegiatan guru penggerak terdapat suatu hal yang harus saya lakukan yaitu aksi nyata di mana saya harus membuat suatu program untuk meningkatkan atau membuat hal yang berbeda guna mengimplementasikan semua hal yang di dapat dari kegiatan guru penggerak terutama menyangkut peserta didik sesuai dengan filosofis KHD yaitu Berhamba pada Murid. Aksi nyata yang saya lakukan yaitu berupa meningkatkan pembelajaran Matematika agar menjadi lebih menarik dan menyenangkan dalam Math Is Fun.

B. Deskripsi Aksi Nyata

1. Tujuan

a) Melalui Math Is Fun peserta didik lebih nyaman dan semangat ketika mendengar kata Matematika

b) Memberikan kebebasan untuk peserta didik agar bisa mengeluarkan ide-ide dalam menyelesaikan pembelajaran

c) Melalui diskusi dalam pembelajaran peserta didik mampu bekerja sama dan menumbuhkan kemandirian dalam menyesaikan tugas

d) Melatih peserta didik dapat menjadi lebih terampil dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan matematika

2. Target

a. Peserta didik memiliki perubahan karakter ke arah yang lebih baik dan diwujudkan dalam bentuk budi pekerti.

b. Peserta didik memiliki kemampuan dalam menganalisis atau keterampilan mengaitkan satu konsep dengan konsep yang lainnya serta memberikan solusi dengan cara yang baru terhadap suatu permasalahan yang terjadi.

c. Peserta didik memiliki motivasi yang lebih tinggi dari sebelumnya dan diwujudkan dalam peningkatan hasil belajar.

C. Hasil dari Aksi Nyata yang Dilakukan

Hasil dari aksi nyata pembelajaran Math Is Fun yang dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Produk berupa foto video peserta didik tentang materi Statistika

2. Refleksi peserta didik kesan dan pesan belajar statistika

3. Peningkatan motivasi belajar peserta didik.

4. Interaksi guru dan peserta didik menjadi lebih dekat.

5. Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik.

Berikut dokumentasi dari aksi nyata:

1. Sosialisasi Aksi Nyata Math Is Fun dengan Kepala Sekolah SMPN 3 Baleendah

 


 2Sosilasasi dengan Wakil Kepala Sekolah dan Bendahara Bos SMPN 3 Baleendah         








3. Sosialisasi dengan semua Guru dan Tenaga Kependidikan SMPN 3 Baleendah

 


 


 


 

 












4. Aksi Nyata Pembelajaran kepada siswa kelas 7k SMPN 3 Baleendah





5. 
Hasil Karya Siswa Aksi Nyata Math Is Fun dalam pembelajaran







 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

PGP-2-Kabupaten Bandung-Ilis Jamilah-Aksi Nyata Paket Modul 3.

Koneksi antar materi modul 3.2