2.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1
2.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1
CPG Angkatan 2
Ilis Jamilah, M.Pd
SMPN 3 Baleendah Kab. Bandung
Setelah mempelajari, berdiskusi kelompok, tanya jawab dengan Fasilitatos, dan juga pemaparan dari Instruktur maka saya bisa menyimpulkan bagaimana pembelajaran Berdiferensiasi itu sebagai berikut:
1. Apa itu Pembelajaran Berdiferansiasi?
Pembelajaran Berdiferensiasi adalah adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid, dengan memetakan dulu kebutuhan belajar murid dengan 3 aspek yaitu Minat murid, Kesiapan Belajar murid dan Profil Belajar Murid dan juga dengan 3 strategi yang harus diterapkan yaitu konten, proses dan produk juga tidak lupa strategi dengan lingkuingan belajarnya yang nyaman dan mendukung belajar.
2. Bagaimana Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan di kelas?
Pemetaan kebutuhan murid yang harus kita lakukan dulu bagaimana minat murid yang harus kita ketahui agar murid kita semangat dalam belajar dan bisa menyalurkan dengan sesuai keinginan dan minatnya, Kesiapan belajar murid yaitu bagaimana murid apakah sudah siap dengan materi yang akan dipelajari yang berhubungan dengan materi yang sudah didapat sebelumnya, dan juga profil belajar murid dimana kita harus mengetahui konten apa yang murid sukai, Audio, visual atau kinestetik dean juga dengan 3 strategi yaitu konten, proses dan produk juga lingkungan belajar mereka sebagai awal kita melangkahkemudian membuat Rencana Pelaksanan Pembelajaran dan juga aksi nyatanya.
3. Bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal?
Dengan pembelajaran berdiferensiasi kita memberikan inovasi pembelajaran yang terbaik, ternyaman kepada murid sesuai dengan kebutuhan, minat murid sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik, kita berikan semua kebutuhan dan minat mereka dengan tidak terlepas dari kurikulum yang sudah ada, pembelajarn berdiferensiasi sangat berhubungan dengan filosofis KHD yaitu berhamba pada murid memberikan pembelajaran yang terbaik untuk murid sesuai minatnya, sehingga pembelajaran berdiferensiasi ini bisa merupakan budaya positif dalam pembelajarannya yang berragam sesuai dengan kebutuhan belajar murid dan profil belajar murid maka akan terwujudlah profil pelajar pancasila sebagai tujuan kita sebenarnya dalam belajar.
4. Jelaskan pula bagaimana Anda melihat kaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak.
Sangat berkaitan sekali mulai dari modul 1 yaitu tentang Filosofis KHD yang berhamba pada murid, sebagai pemimpin pembelajar yang harus bisa berinovasi dalam pembelajaran, berkolaborasi, mandiri dan kreatif, kritis yang terdapat dalam peran dan prinsip guru penggerak yang harus dilakukan dengan sebaik-baiknya, dengan pembelajaran berdiferensiasi sebagai model yang harus kita kembangkan sebagai guru penggerak untuk memberikan pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenagkan bagi murid sesuai dengan visi guru penggerak yang saya inginkan yaitu murid senang dan bahagia dalam belajar, dan menjadi budaya positif dalam pembelajarn juga.
Komentar
Posting Komentar